6 Tips Mencegah Jerawat Akibat Keseringan Memakai Masker Kain

Anda tidak boleh sembarangan dalam memilih masker kain. Dari sekian banyak yang jual masker kain, Anda perlu memilih dengan selektif, mulai dari jenis bahan yang digunakan, maskernya terdiri dari berapa layer, dan apakah ukurannya cocok dengan Anda. Meskipun hanya masker, Anda juga perlu mengutamakan faktor kenyamanan dan juga keamanan.

Penggunaan masker kain dalam jangka waktu yang lama setiap hari bisa menimbulkan masalah. Salah satunya adalah munculnya jerawat. Meskipun Anda mengalami hal tersebut, tetaplah mengenakan masker. Jangan hanya karena masalah jerawat yang muncul, Anda rela tertular virus corona.

Munculnya jerawat akibat pemakaian masker kain perlu disikapi dengan mengatasi jerawat yang muncul. Ada beberapa cara mengatasi hal ini, yaitu :

1. Mencuci wajah

Yang pertama, rajinlah mencuci wajah. Anda disarankan untuk mencuci wajah sebelum menggunakan masker dan setelah selesai mengenakan masker. Hal ini dilakukan untuk memastikan wajah Anda bersih selama memakai masker. Dengan mencuci muka pula, kotoran dan kulit mati yang menempel di wajah akan ikut terangkat.

2. Kurangi penggunaan make up

Yang kedua, kurangi penggunaan make up ketika Anda mengenakan masker. Masker menutupi bagian hidung, mulut, dan dagu. Meskipun Anda mengenakan make up di area ini, orang lain tidak bisa melihatnya. Daripada menyebabkan jerawat yang lebih parah, lebih baik Anda mengurangi penggunaan make up di sekitar mulut dan hidung.

Untuk membuat tampilan tetap berkesan, Anda bisa menggunakan make up penuh di area mata yang tidak tertutup masker.

3. Pilih jenis masker kain yang tepat

Yang ketiga, pilih masker kain yang tepat. Ada banyak yang jual masker kain dari berbagai jenis bahan. Dari sekian banyak penjual masker, pilih yang menjual masker dari bahan yang nyaman digunakan. Anda disarankan untuk memilih masker dari kain katun karena kain ini tidak panas ketika dikenakan dan Anda masih bisa bernapas dengan lega.

4. Masker harus dicuci bersih

Yang keempat, masker kain harus dicuci bersih. Jangan sampai ada sisa deterjen yang masih menempel pada masker. Selain itu, penyimpanannya pun harus diperhatikan. Pastikan Anda menyimpan masker di tempat yang kering dan bersih.

5. Ganti setiap 4 jam sekali

Yang kelima, ganti masker kain setiap 4 jam sekali. ini sesuai dengan himbauan pemerintah karena setelah 4 jam, masker kain akan kotor dan tidak efektif untuk menangkal virus.

6. Gunakan skincare secara rutin

Yang keenam, gunakan skincare secara rutin. Meskipun Anda merasa terlindungi dari debu, kotoran, hingga sinar matahari karena pemakaian masker, Anda tetap perlu menggunakan skincare secara rutin demi mencegah timbulnya jerawat pada wajah.

Nah, itulah 6 cara mengatasi jerawat yang muncul akibat pemakaian masker kain. Solusinya bukan dengan tidak mengenakan masker, melainkan dengan mengatasi jerawatnya. Masker harus selalu Anda kenakan. Kuncinya adalah menjaga kebersihan masker. Untuk itu, beli beberapa buah masker sekaligus dari yang jual masker kain sebagai persediaan dan dipakai bergantian.

Kesehatan
Tags: