Beli Mobil di Dealer Resmi atau Perorangan?

Di era teknologi yang serba canggih ini, masalah dalam melakukan pembelian mobil kini sudah menjadi lebih mudah. Dengan disederhanakannya teknologi, kontak dengan calon pembeli menjadi lebih mudah bisa dilakukan secara online tanpa harus datang ke showroom Toyota terdekat.

Hanya perlu dengan satu sentuhan jari pada smartphone, calon pembeli bisa mengetahui spesifikasi dan harga mobil tersebut. Dengan begitu maka tidak perlu lagi keluar rumah jika ingin membeli mobil impian Anda.

Ada banyak cara apabila ingin membeli mobil, misalnya baik itu membeli secara perorangan ataupun melalui dealer resmi mobil yang mana biasanya memungkinkan Anda membeli mobil menggunakan sistem online mereka. Dengan adanya sistem online sangatlah membantu mereka yang mengalami kendala atau keterbatasan waktu dalam memilih-milih mobil.

Tentu tidak ada masalah jika ingin keluar rumah dan memilih mobil yang diinginkan apalagi jika ingin membeli mobil bekas. Namun tentu akan lebih mudah jika melihat spesifikasi dan harga mobil terlebih dahulu secara online barulah datang ke lokasi untuk melihat kondisi mobil. Ini tentu akan menghemat waktu daripada harus berlama-lama di showroom mobil.

Beli Mobil di Perorangan atau Dealer

Sebagai calon pembeli, Anda tentu wajib untuk memahami bahwa terdapat beberapa perbedaan mendasar saat membeli mobil dari perorangan dan dari dealer. Dengan memahami hal tersebut maka memudahkan Anda dalam memilih tempat yang tepat untuk memilih mobil.

  • Garansi Mobil

Biasanya garansi diberikan hanya pada mobil baru sehingga selain itu maka tidak ada jaminan apapun. Namun ini tentu juga bergantung pada ketentuan dari dealer tersebut. Memang lebih mudah membeli mobil dengan pihak dealer jika ingin membahas tentang garansi dibandingkan jika perorangan.

Namun tentu keduanya memiliki keunggulannya masing-masing yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Memang jika membahas tentang garansi, membeli di dealer lebih menguntungkan namun ada juga yang membelinya di perorangan.

  • Resiko Pembelian

Dibandingkan dengan membeli mobil melalui perorangan, membeli mobil melalui dealer toyota terdekat memang lebih membutuhkan pengelolaan yang lebih komprehensif. Membeli mobil melalui perorangan terkadang membawa risiko yang lebih besar. Semua orang tentu saja selalu berusaha menghindari penipuan agar tidak rugi.

Namun, aspek positif dari membeli dari perorangan adalah saat Anda mengenal penjualnya, proses jual beli menjadi lebih mudah karena Anda membangun kepercayaan. Distributor berjanji untuk melakukan pembelian yang diperlukan dengan aman melalui metode pembayaran dan manajemen sehingga mengurangi risiko saat pembelian. Namun ini tidak berarti bahwa Anda harus ceroboh saat membeli barang melalui distributor.

  • Penawaran Harga

Harga mobil memang biasanya mahal namun Anda tentu dapat melakukan perbandingan harga antara dealer dan perorangan. Bagian yang paling keren adalah Anda dapat mencari penjual sesuai dengan budget yang tersedia.

Meski harga yang ditawarkan tidak turun terlalu jauh, setidaknya anda bisa menghemat pengeluaran berapapun itu. Perbedaan harga terlihat pada perorangan yang umumnya menjual mobil dengan harga lebih murah dibandingkan dealer. Namun terkadang Anda tidak boleh tergiur dengan harga yang terlalu murah untuk menghindari penipuan.

  • Kondisi Mobil

Membeli mobil tentu tidak boleh sembarangan karena tidak boleh sembarangan dan harus memperhatikan kondisi mobil apalagi jika Anda membeli mobil bekas. Jika Anda adalah pembeli potensial, pastikan untuk memeriksakan kondisi mobil terutama saat membeli dari dealer maupun perorangan.

Untuk menghindari penipuan, mohon lakukan pemeriksaan latar belakang orang yang menggunakan mobil apakah mobil pernah mengalami kecelakaan atau banjir. Anda juga harus melakukan pemeriksaan pada beberapa bagian kecil seperti komponen mesin, suara mesin saat berkendara, dan kenyamanan mobil yang bisa dirasakan pada saat melakukan test drive.

  • Kelengkapan Dokumen

Baik itu membeli mobil di dealer maupun perorangan, jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan dokumen mobil. Menangani dokumen tentu akan lebih repot jika dilakukan perorangan sehingga biasanya proses akan lebih lama.

Namun hal ini tentu bisa ditanyakan terlebih dahulu. Periksa juga tentang kelengkapan dokumen termasuk BPKB, STNK, surat penjualan, dan surat-surat lainnya yang harus diproses. Jika Anda sedang mencari dealer resmi dan juga bengkel toyota terdekat bisa langsung ke Astrido Toyota.

Otomotif
Tags: